Pages

Subscribe:

Rabu, 31 Maret 2010

6 Rahasia Sukses Management Waktu

Saya yaqin Anda sekalian sering mendengar istilah yang sangat populer sekali "Time Is Money" Waktu adalah Uang. Terutama di negara barat istilah ini sangat populer sekali dalam professionalisme bisnis. Ada juga yang mengatakan waktu di ibaratkan pedang yang amat tajam dan siap menebas leher siapa saja yang tidak bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan benar. Artinya waktu adalah aset yang sangat berharga. Mungkin Anda rasakan baru kemarin Anda merasakan masa remaja Anda, tapi pada faktanya Anda saat ini sudah tumbuh menjadi seorang pemuda, atau bahkan sudah menjadi orang separuh baya. Inilah waktu. Waktu berlari begitu cepat. Manfaatkan waktu Anda dengan sebaik mungkin, karena ketika waktu berlalu begitu saja dalam kehidupan Anda, maka sesungguhnya Anda telah banyak kehilangan peluang di balik waktu tersebut. Management waktu adalah kuncinya.

Dari ungkapan istilah-istilah tersebut, kita sangat sadar sekali betapa pentingnya waktu bagi kita semua. Mau ataupun tidak, waktu yang sudah lewat tidak akan pernah kembali lagi. Kita harus sadari itu. Banyak sekali para pebisnis yang gagal karena kurang bisa mengatur waktu dengan baik dan benar. Dengan pengaturan waktu yang tepat, maka kita bisa meminimalkan resiko kegagalan kita dalam berbisnis. Management waktu dengan baik dan benar termasuk salah satu dari kunci kesuksesan. 

Untuk itu dengan senang hati saya akan sharingkan suatu rahasia bagaimana cara memenegement waktu dengan baik dan benar kepada Anda. Dengan management yang dilakukan dengan baik dan benar, maka kegiatan akan jauh lebih efektif, produktif serta mendatangkan keuntungan, inilah kabar baiknya.

Rahasia yang pertama adalah "GOAL atau tujuan". Penetapan goal ini sangat penting sekali agar waktu Anda lebih jelas dan Anda tidak terjerumus dalam suatu putaran aktifitas yang tanpa Anda sadari telah banyak menyita waktu Anda. Tetapkanlah tujuan Anda dari yang paling kecil sampai yang paling besar dalam jangkauan jangka pendek sampai jangka panjang. Targetkan kapan goal tersebut ingin Anda capai. Buatlah target yang realistis. Goal yang tertarget akan menjadikan hasil yang maksimal. Mulailah dari goal yang paling kecil dan paling dekat.

Rahasia yang kedua adalah "PLANNING atau perencanaan". Setelah Anda memiliki goal, langkah berikutnya adalah Anda harus melakukan perencanaan terhadap goal-goal tersebut. Misalkan goal hari ini, minggu ini, bulan ini, tahun ini, bahkan 5-10 tahun ke depan. Perencanaan yang matang itu seperti seorang Arsitektur yang telah memiliki gambar dari gedung yang mereka rancang. Tulislah goal Anda agar tujuan Anda menjadi jelas. Rencanakan waktu Anda secara realistis. Misalkan jika Anda bulan ini ingin meningkatkan penjualan Anda. Tentu Anda harus melakukan suatu perencanaan yang tertarget. Mulai dari qualitas produk, biaya periklanan, target konsumen dan sebagainya. Kegiatan yang terencana akan menjadikan hasil yang terencana juga.

Rahasia yang ketiga adalah "EVALUASI".  Dengan melakukan evaluasi secara berkala, Anda akan menjadi seorang yang ahli. Suatu keahlian itu akan terbentuk dengan seringnya Anda melakukan suatu tindakan dan selalu mengevaluasinya. Dan juga apakah Anda telah mengoptimalkan waktu Anda untuk mencapai goal-goal Anda? Contoh saja, waktu nonton tv Anda, jalan-jalan Anda. Waktu Anda ngumpul bersama teman-teman Anda. Apakah semua itu sudah teravaluasi dengan baik? Atau justru sebaliknya, Anda asyik dengan zona nyaman Anda? Evaluasilah kegiatan Anda agar lebih produktif.

Rahasia yang ke empat adalah "PRIORITAS". Prioritas ini sangat penting untuk kegiatan Anda. Anda harus bisa memprioritaskan  kegiatan-kegiatan mana yang harus Anda dahulukan dan mana-mana yang tidak boleh. Misalnya Anda di hadapkan oleh suatu kegiatan dalam waktu yang bersamaan. Dan tentu Anda harus memprioritaskan salah satu di antaranya. Contoh saja, malam ini Anda harus ketemu klien. Sedang di sisi lain Anda harus menghadiri acara keluarga misalnya. Di sini tentu Anda harus menentukan satu kegiatan di antaranya. Dan saya yaqin ketika Anda sudah membiasakan dengan menetapkan sebuah prioritas, dalam kasus ini tentu Anda tidak kebingungan dalam menentukan sebuah opsi atau pilihan.

Rahasia yang kelima adalah "MAKING DAILY AGENDA atau membuat agenda harian".  Dengan membuat agenda harian, Pagi ini tentu Anda sudah tau apa yang akan Anda lakukan sepanjang hari ini, sehingga Anda bisa mengatur waktu Anda untuk menyelesaikan kegiatan tersebut. Catatlah point-point penting untuk kegiatan Anda hari ini. Biasakanlah mendisiplinkan waktu harian Anda. Target jangka panjang akan berhasil jika target hariannya berhasil. Begitupun juga sebaliknya.

Rahasia yang kelima adalah "ACTION atau tindakan". Ingat! Tanpa adanya tindakan kesemua hal yang tersebut di atas akan menjadi sia-sia dan tidaklah berarti. Buanglah penyakit malas, menunda, dan semuanya yang sifatnya bisa menghancurkan goal-goal Anda. Lakukan rencana Anda sekarang juga.

Rahasia yang ke Enam adalah "PRAYING atau berdo'a". Sehebat apapun kita sebagai manusia, takkan pernah mencapai kesuksesan bilamana tanpa adanya campur tangan Tuhan di dalamnya. Lakukanlah do'a sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas semua yang telah di karuniakan kepada kita, sekaligus sebagai bentuk apresiasi kita dalam mewujudkan usaha dalam dunia ini.

Pengaturan managemant waktu erat kaitanya dengan kegiatan harian kita. Bilamana kita telah membiasakan hidup terjadwal dengan jelas, maka kita akan mampu menyelesaikan seluruh kegiatan kita. Begitupun sebaliknya, bila kita terbiasa dengan hidup yang tidak pernah terjadwal, maka akan datanglah penyakit menunda, malas dan lain sebagainya. Sehingga kegiatan kita banyak yang terbengkalai dan ujung-ujungnya menuai kegagalan. Management waktu memang sulit bagi mereka yang tidak pernah membiasakannya. Demi kesuksesan Anda berubahlah ke arah yang positif dengan melakukan management waktu Anda. Berani berubah adalah modal yang sangat kuat untuk menjadi orang sukses. Lakukan sekarang juga, demi kesuksesan Anda. Ada harga yang harus di bayar demi kesuksesan. Jika Anda pikir bisa, pasti Anda akan bisa. Bila Anda berfikir Anda tidak bisa, maka selamanya Anda tidak akan pernah bisa. Salam sukses.

3 komentar:

  1. keren nih rahasia suksesnya, fokus, planning n action, serta evaluasi sangat membantu dalam melaksanakan bisnis

    BalasHapus
  2. Terima kasih sobat Extreme News. Sukses buat sobat ya.

    BalasHapus
  3. mantab, , ,
    dtnggu yg lain na ya, , ,

    BalasHapus